Minggu, 11 Desember 2011

Hepatitis

Hari Sabtu kemarin saya dikagetkan dengan pernyataan pacar saya bahwa dia terkena Hepatitis A. Seakan tak percaya, mana mungkin badan sebesar itu terkena penyakit kayak seperti ini, hehe.. lagian dia cukup selektif dalam memilih makanan, bahkan walopun saya pacarnya dia tidak mau satu minuman dengan saya, ya higienis gitu.. Tapi ya memang tuhan berkehendak lain, penyakit itu pun dititipkan pada nya untuk menguji kesabarannya.. (^^)v *maaf ya pacarrr.. setelah googling ternyata saya mendapat petunjuk, hehe..

Jadiiii,, hepatitis atau penyakit pembengkakan atau peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Sebenernya saya dulu pas semester 3 pernah mengalami pembengkakan hati hal itu dikarenakan peberian obat secara berlebih untuk merangsang penyembuhan dari demam berdarah agar cepat pulih.. ya semacam kontra indikasinya mungkin. Hepatitis dapat dibedakan menjadi 6 macam, hepatitis A, B, C, D, E, G(baru terdeteksi baru-baru ini). (http://id.wikipedia.org/wiki/Hepatitis) hepatitis umum nyamelalui masa inkubasi selama 2-7 minggu. kalo dirunut kejadiannya sang pacar waktu itu sedang berada di Bogor atau Bandung.

Ternyata pas nonton tv pun disebutkan bahwa sakit ini sedang merajalela. terutama di Kantin-kantin yang pas nyuci piring ga bersih :(, ataupun orang yang notabene terkena tuh sakit, tapi masih tetap ikutan makan di area publik, hehe  hm bukannya sok jahat tapi ya mohon penyakitnya jangan dibagi-bagi.. (^^)7.. Kasus yang terkena media televisi adalah kasus di SMKN 2 depok, terus di Universitas Parahiangan Bandung. Kalo kasus di SMKN 2 depok telah diketahui bahwa penjual dari makanan yang ada di kantin tersebut memang mengidap Hepatitis, kalo yg di UNPAR ini korbannya kebanyakan cowo, yang mungkin sering berbagi minuman yang sama dan hal ini mudah untuk ditularkan. 

nah kalo untuk pacar saya, saya kurang tau, mungkin saja karena dia ingin mengikuti gaya hidup saya yang sederhana, tapi ga bisa dan akhirnya malah berujung sakit,  *mungkin karena terlalu berlebihan.. 

Hepatitis A biasanya ditularkan sewaktu virus dari orang yang terinfeksi
tertelan oleh orang lain melalui:
• makan makanan tercemar
• minum air tercemar
• menyentuh lampin, seprai dan handuk yang dikotori tinja dari orang
yang dapat menularkan penyakit
• hubungan langsung (termasuk seksual) dengan orang yang terinfeksi.
   
Wabah hepatitis A yang dilaporkan telah dilacak ke:
• penularan dari seorang ke orang lain, termasuk di kalangan pria yang
   berhubungan kelamin dengan pria
• air minum yang tercemar dengan saliva.
• makan makanan yang telah dicemari saliran seperti kerang-kerangan
• makan makanan yang tercemar oleh pekerja makanan yang dapat
   menularkan penyakit.

Penderita sebaiknya tidak masuk kantor dahulu dan tetap beristirahat sampai terasa sembuh total. Sebenarnya tidak ada penanganan khusus bagi penderita ini, kalo kata dokter spesialis sih, penderita iniharus bad rest selama 1 bulan di rumah, jika kecapean maka virus nya akan berkembang lagi, dan baru akan sembuh total setelah 2 bulan.

cepet sembuh ya bagi para penderita hepatitis.. semangat (^_*)9
Share:

0 komentar:

Posting Komentar